Meninggal Dunia Hari Ini Pendiri Majelis Ta’lim Al-Afaf Profil Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf

Berikut ini adalah profil dari Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf. Kabar duka datang dari kalangan ulama tanah air. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf meninggal dunia, Jumat (15/1/2021) hari ini.

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf merupakan pengasuh pemimpin Majelis Taklim Al Afaf. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf adalah anak kedua dari pasangan habib Abdurrahman bin Ahmad Assegaf (Sayyidil Walid) dan Hj. Barkah binti Ahmad Fusyani. Habib Ali lahir pada tahun 1945 di Bukit Duri, Jakarta.

Habib Ali menikah dengan Syarifah Tuffahah binti Abdullah Al Haddad dan dikaruniai tujuh anak, yaitu: 1. Syarifah Zahro 2. Habib Ahmad

3. Habib Muhammad 4. Syarifah Zainab 5. Habib Alwi

6. Syarifah Aisyah 7. Habib Toha Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf memulai pendidikannya di Madrasah Tsaqafah Islamiyah, Bukti Duri di bawah bimbingan sang ayah.

Habib Ali sebelumnya tinggal di Menteng Atas dan mendirikan madrasah Assaqafah untuk jenjang TK dan SD. Kemudian, ayahnya memberikan isyarat agar Habib Ali pindah rumah ke Bukit Duri dan mendirikan Majelis Ta'lim disana. Nama Majelis Ta'lim Al Afaf didapat dari pemberian gurunya yaitu RKH. Abdullah bin Nuh.

Majelis Ta'lim Al Afaf menjadi pusat ilmu yang selalu didatangi oleh ulama besar dari berbagai penjuru dunia. Semasa hidupnya, Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf dikenal sebagai tokoh ulama kharismatik yang disegani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.