Toyota Raize Memiliki Kelebihan Tranmisi CVT

Toyota Raize Memiliki Kelebihan Tranmisi CVT

Mobil dengan merek Toyota Raize telah resmi dipasarkan di Indonesia sejak bulan April tahun 2021 kemarin. Toyota Raize merupakan jenis mobil SUV yang memiliki banyak sekali fitur – fitur modern. Selain itu mobil yang satu ini juga menggunakan transmisi CVT.

Mobil keluaran Toyota memang tidak bisa diremehkan. Keunggulannya benar-benar bisa diandalkan. Apalagi pengalaman sudah bertahun-tahun sejak didirikan sudah pasti kualitasnya benar-benar bagus. Membeli barang termasuk mobil juga tidak bisa langsung lunas oleh beberapa orang. Namun terkadang seseorang membutuhkan mobil karena alasan tertentu sehingga terpaksa harus membeli secara kredit. Termasuk beli Raize, salah satu produk Toyota yang sudah lancar memasuki dunia otomotif tanah air.

Dunia transportasi memang sudah sangat maju. Zaman dahulu mungkin orang bepergian harus menaiki Kuda atau binatang kuat lain. Hal ini karena bentang alam waktu itu masih berupa hutan belantara. Berbeda dengan zaman ini, pembangunan jalan tol mulai banyak ditingkatkan oleh sektor Perhubungan. Mungkin sama seperti zaman dahulu, ketika keluarga kerajaan menaiki kereta kuda yang dihias bagus, saat ini orang-orang sudah berlomba-lomba memiliki mobil bagus. Kendaraan yang bagus baik desain interior maupun eksterior juga bagus mesinnya. Kalau dahulu mungkin pemilihan kuda yang bagus dan kuat. Nah, jika Anda sedang butuh mobil yang sekuat kuda, tak ada salahnya Anda memilih mobil raize. Informasi selengkapnya berikut ini. 

CVT itu sendiri merupakan singkatan dari Continuous Variable Transmission, yang mana merupakan transmisi kecepatan tinggi dan dapat bekerja seperti halnya shifter otomatis untuk melakukan pemindahan rasio gigi tanpa ada batas. 

Agar dapat memahami transmisi CVT secara teknis, ini merupakan transmisi tanpa adanya gearbox gigi sehingga dengan begitu dinamakan juga dengan Single Speed Transmission, gearless transmission, variable pulley transmission atau One Speed Automatic. 

Secara otomatis rasio kecepatan terjadi secara berubah – ubah menyesuaikan dengan kebutuhan torsi dan tenaga ditiap situasi mengemudi. Oleh karena itulah mengapa pada mobil dengan transmisi CVT Anda tidak akan menemukan hentakan saat perubahan gigi seperti halnya pada transmisi otomatis umumnya. 

Perpindahan rasio kecepatan tersebut sangatlah halus dan merupakan salah satu keuntungan transmisi tersebut. Itulah yang akan Anda rasakan pada Toyota Raize. Anda tidak akan merasakan adanya hentakan pada mobil yang dibandrol dengan harga sekitar kurang lebih dari 200 jutaan tersebut. 

Apa Saja Kelebihan serta Bagaiman Cara Merawat CVT?

Kelebihan CVT

Transmisi CVT ini mempunyai banyak sekali kelebihan yang dapat menguntungkan bagi Anda para pengguna mobil raize. Keuntungan tersebut antara lain yaitu:

  1. Lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar, karena mempunyai poros yang lebih kecil.
  2. Perpindahan untuk rasio kecepatan sangatlah halus, tidak terdapat hentakan ketika dilakukan perpindahan gigi oleh karena CVT memang tidak mempunyai gearbox. Sehingga dengan begitu lebih nyaman untuk kendaraan sehari – hari.
  3. CVT akan membuat mesin berputar pada RPM yang benar – benar ideal, sehingga akan sangat baik untuk mesin mobil.

Cara Melakukan Perawatan CVT

Dengan di sini Anda memahami transmisi CVT, beberapa hal perlu untuk diperhatikan agar dapat menjaga kondisi dari transmisi CVT supaya tetap prima dan juga usia pakainya jauh lebih lama atau setidaknya sesuai dengan seharusnya. Dapat Anda simak dibawah ini mengenai cara yang dapat dilakukan untuk merawat CVT, antara lain :

Perhatikan anjuran yang diberikan untuk melakukan penggantian oli transmisi secara rutin dan berkala. Perhatikan interval waktu ataupun jumlah KM yang disarankan untuk melakukan penggantian oli transmisi. Oleh karena itulah bagi Anda yang memiliki Toyota Raize maka perlu untuk mematuhi aturan penggantian oli tersebut agar CVT mobil tetap terjaga.

Ketika mobil sering dijalankan di wilayah  – wilayah yang cenderung berdebu dan memiliki cuaca panas, maka lakukan penggantian oli transmisi mungkin membutuhkan waktu yang lebih cepat dibanding rekomendasi yang diberikan oleh pabrik.

CVT merupakan transmisi yang cocok untuk mobil kecil dan mesin kecil seperti halnya pada Toyota Raize ini. Supaya disini CVT lebih awet, maka sebaiknya Anda menggunakan mobil tersebut dengan kapasitas beban yang sewajarnya dan masih dalam batas diperbolehkan.

Jika terjadi masalah mengenai transmisi, maka sebaiknya Anda perlu membawa mobil ke bengkel resmi. Sehingga dengan begitu akan ditangani oleh mekanik yang benar – benar berpengalaman dan juga terpercaya. Perawatan yang dilakukan secara berkala di bengkel resmi juga tentunya akan lebih baik dalam melakukan cek kondisi transmisi CVT mobil Toyota Raize Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.