https://www.nutriclub.co.id/article-bayi/kesehatan/penyakit/kenali-lebih-banyak-mengenai-batuk-dan-pilek-si-kecil

Gejala Flu Pada Anak dan Cara Alami Mengatasinya

Flu sering menjadi salah satu masalah kesehatan yang menyerang anak-anak. Daya tahan tubuh anak yang belum sempurna menjadi sebab kenapa gejala flu pada anak cukup sering muncul dan kerap merepotkan orang tua.

Tentu, Anda sebagai orang tua harus mengetahui apa yang menjadi gejala flu pada anak tersebut dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Pengetahuan ini sangat penting agar nantinya Anda bisa melakukan penanganan yang tepat serta pencegahan yang lebih optimal.

Nah, beberapa gejala flu yang cukup sering terjadi pada anak diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Demam yang muncul disertai rasa menggigil
  • Batuk yang cukup sering dan tidak kunjung mereda
  • Sakit di bagan tenggorokan
  • Nyeri otot atau tubuh bagian lainnya
  • Sakit pada bagian kepala
  • Anak cenderung lebih mudah lelah
  • Gangguan pada sistem pencernaan hingga bisa mengakibatkan diare

Selain beberapa gejala di atas, pilek yang terjadi pada anak juga bisa mempengaruhi pendengaran pada anak. Juga, anak pun pada umumnya akan mengalami kesulitan tidur.

Jika gejala flu pada anak tersebut muncul, maka Anda sebagai orang tua perlu melakukan beberapa penanganan. Adapun beberapa penanganan alami yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memberikan minuman hangat

Minuman hangat bisa menjadi opsi yang tepat untuk mengurangi pilek yang terjadi pada anak. Hal ini cukup beralasan karena suhu minuman yang hangat akan menetralkan suhu tubuh. Tidak hanya itu, lendir di hidung karena pilek pun akan cenderung berkurang. Nah, Anda bisa memberikannya minuman hangat dengan campuran lemon atau jeruk.

  • Mengonsumsi madu

Madu adalah salah satu herbal terbaik yang ada di dunia dan bisa dimanfaatkan untuk segala hal, termasuk mengatasi pilek pada anak. Nah, dengan memberikan madu secara teratur, penanganan flu pada anak nantinya bisa diatasi dengan lebih cepat dan lebih aman. Hanya saja, Anda perlu selektif memilih madu yang cocok untuk usia anak.

Beberapa hal di atas bisa menjadi solusi awal jika gejala flu pada anak muncul. Jika flu tidak kunjung reda dan kondisi anak Anda melemah, maka penanganan lebih lanjut tentu diperlukan.

Deskripsi: gejala flu pada anak cukup beragam dan cukup sering terjadi sehingga upaya penanganan dan pencegahan harus diketahui dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.