5 Cara Memilih Shampo untuk Kulit Kepala Berminyak

Kondisi rambut berbeda setiap orang dikarenakan faktor yang mempengaruhinya juga berbeda. Alasan ini yang membuat pemakaian shampo juga berbeda. Pemilihan shampo yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala. Simak di bawah ini cara memilih shampo untuk kulit kepala berminyak

  • Non Sulfate 

Rambut berminyak dapat disebabkan karena seringnya keramas akibat aktivitas di bawah terik matahari. Jika mengharuskan keramas lebih rutin, maka gunakan shampo non sulfate. Umumnya sulfate menghasilkan busa yang  membuat kulit kepala kering. Penggunaan shampo non sulfate akan menjaga kulit kelembaban kulit kepala agar tidak banyak memproduksi minyak. 

  • Mengandung Vitamin E

Paparan sinar matahari dan juga polusi membuat rambut menjadi berminyak dan kusam. Vitamin E dapat memperbaiki kerusakan rambut akibat matahari dan polusi. Shampo untuk kulit kepala berminyak dengan kandungan vitamin E, lebih cocok digunakan untuk rambut yang lurus dan lepek akibat minyak berlebih.

  • Water Based

Hindari shampo berbahan dasar minyak dan moisturizer karena dapat menambah minyak di rambut. Moisturizer mempengaruhi rambut untuk menarik partikel kelembaban di sekitarnya sehingga menyebabkan rambut menjadi berat. Pilih shampo berbahan dasar air dan bilas hingga bersih agar tidak ada sisa shampo yang menempel dan memicu produksi minyak. 

  • Sesuaikan dengan Kondisi Lingkungan

Tidak hanya menyesuaikan dengan kondisi rambut, namun juga pada kondisi lingkungan untuk aktivitas keseharian. Rambut berminyak juga akibat dari kondisi lingkungan seperti polusi dan paparan sinar matahari. Pilih shampo yang bisa membuat nyaman untuk kulit kepala sekaligus membuat segar di bawah paparan sinar matahari. Seperti pilih kandungan peppermint atau menthol

  • Clarifying Shampoos

Pilih formula shampo ini untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk. Lebih cocok dipakai untuk jenis rambut lurus dengan pembersihan mendalam. Akan tetapi dapat menyebabkan rambut keras dan kering pada rambut keriting. Rambut keriting lebih cepat menghilangkan kelembaban rambut.

Demikian cara memilih shampo untuk kulit kepala berminyak dengan berbagai jenis rambut. Selain teliti dalam memilih shampo, perhatikan juga cara perawatannya. Lebih baik jangan gunakan kondisioner untuk menghindari produksi banyak minyak pada kulit kepala. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.